Selasa, 14 Juni 2011

Tugas Rangkuman

sistem adalah kumpulan dari elemen - elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Perbedaan sistem fisik dan sistem abstrak yaitu Sistem fisik adalah serangkaian unsur yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu,sedangkan sistem abstrak adalah sistem berupa pemikiran atau ide -ide yang tidak nampak secara fisik.

Tipe - Tipe Sistem
1. Sistem deterministic
2. Sistem probalistic
3. Sistem Tertutup
4. Sistem Terbuka
5. Sistem Relatif

Komponen sistem informasi terbagi 2 yakni komponen sistem informasi secara fungsional dan sistem informasi secara fisik

penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
a. Sistem Administrasi dan Operasional
b. Sistem Pelaporan Manajemen
c. Sistem Database
d. Sistem Pencarian
e. Manajemen Data

keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen.
a. Perangkat keras:
b. Perangkat lunak
c. DataBase
d. Prosedur pengoperasian
e. Personalia pengoperasian

Ada empat metode konversi sistem, yaitu :
a. Konversi Langsung (Direct Conversion)
b. Konversi Paralel (Parallel Conversion)
c. Konversi Bertahap (Phase-In Conversion)
d. Konversi Pilot (Pilot Conversion)

Perbedaan data dan informasi yakni Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur. Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) ,sedangkan Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna.

Mudah dipahami (comprehensible)
3. Relevan
4. Bermanfaat
5. Tepat waktu
6. Keandalan (reliability)
7. Akurat
8. Konsisten

kegiatan dalam pengolahan data
a. Penerapan pembagian kerja dengan akibat pembagian biaya dan pembangunan kwantitatif secara lebih menguntungkan.
b. Pemakaian file yang sama pada banyak proses pengolahan data.
c. Suatu pemamfaatan yang lebih baik dari sasaran teknis administrasi.
d. Penerapan pemisahan fungsi antara operasional dan pengolahan data secara sentral.

Dilihat dari sistem pengolahan data, dapat dibagi dalam tiga tahap dasar yaitu:
a. Membaca data atau input data.
b. Mengolah data atau proses
c. Hasil atau output.

Pengolahan data melalui komputer meliputi beberapa bagian antara lain:
1. Recording (perekaman)
2. Clasifying (Klasifikasi)
3. Sorting (Pengurutan)
4. Calculating (penghitungan)
5. Storing ( penyimpanan)
6. Summarizing ( penyusunan)
7. Retrieving (Pencarian )
8. Reproducing (Pembagian)
9. Distribute ( Pembagian)


Terdapat 3 tipe informasi untuk tingkatan manajemen, yaitu:
a. ManajemenTingkatAtas
b. ManajemenTingkatmenengah
c. ManajemenTingkatBawah

2. Elemen-elemen Pemecah Masalah;
1.Masalah
2.Standard
3.Infofmasi
4.Berbagai macam solusi
5.kendala
6.Pemecah Masalah(Manajer)
7.Solusi

4.Tahap Usaha dalam menerapkan Pendekatan Sistem terdiri dari;
1.Usaha Persiapan
2.Usaha Definisi

Perbedaan antara SLC dan SDLC adalah Siklus hidup system (system life cycle – SLC) adalah penerapan pendekatan system untuk pengembangan system atau sub system informasi berbasis computer. SLC terdiri dari serangkaian tgas yang erat mengikuti langkah-langkah pendekatan system. Karena tugas-tugas tesebut suatu pola yang teratur dan dilakukan secara top-down, sedangkan Siklus hidup pengembangan system (system depelopment life cycle-SDLC) yaitu terdiri dari 4 thp. adalah perencanaan, analisis, rancangan, dan penerapan, sedangkan tahap kelima adalah tahap penggunaanya yang berlangsung sampai sudah waktunya untk merancang system itu kembali. Proses merancang kembali mengkibatkan siklus ini akan diulangi lagi.

Komite Pengarah SIM (steering committee MIS – SC MIS), Komite Pengarah SIM melaksanakan tiga fungsi utama, yaitu :
a. menetapkan kebijakan
b. menjadi pengendali keuangan
c. menyelasaikan pertentangan

3. Empat jenis cutover:
a. percontohan(pilot)
b. serentak(immediate)
c. Bertahap(Phased)
d. Paralel(paralel)Yang layak untuk organisasi kecil adalah serentak, akan tetapi yang menawarkan perlindungan terbaik terhadap kegagalan adalah paralel




L langkah langkah tahap analisis yaitu :
1.Mengumumkan Penelitian Sistem
2.Mengorganisasikan Tim Proyek

Langkah langkah tahap rancangan
1.Menyadari masalah
2.Mendefinisikan masalah
3.Menentukan tujuan sistem
4.Mengidentifikasi kendala sistem
5.Membuat studi kelayakan
Studi kelayakan adalah suatu tinjauan seklias pada faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ada enam dimensi kelayakan, yaitu :
a.Teknis
b.Pengembalian
c.Pengembalian non ekonomis
d.Hukum dan
e.Operasional
f.Jadual