Selasa, 08 Maret 2011

Tugas II

1) Perbedaan data dan informasi beserta contohnya
Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur, dengan kata lain bahwa .Generally, data represent a structured codification of single primary entities, as well as of transactions involving two or more primary entities. (Vercellis). Selain deskripsi dari sebuah fakta, data dapat pula merepresentasikan suatu . Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) . Dengan demikian dapat dijelaskan kembali bahwa data merupakan suatu objek, kejadian, atau fakta yang terdokumentasikan dengan memiliki kodifikasi terstruktur untuk suatu atau beberapa entitas.
Contoh :
Penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja selama seminggu yang lalu menurut lapangan usaha utama dan status pekerjaan utama, 2000
Lapangan Usaha Status Pekerjaan Utama
1 % 2 % 3 % 4 % 5 % T.T % Total
1 8,196,616 25.54 9,929,778 30.94 205,056 0.64 3,429,699 10.69 10,310,712 32.13 20,263 0.0 32,092,124
2 1,428,742 24.82 1,376,275 23.91 60,699 1.05 1,119,073 19.44 1,766,860 30.70 3,964 0.0 5,755,613
3 631,036 43.71 221,160 15.32 37,780 2.62 409,320 28.35 143,207 9.92 1,214 0.0 1,443,717
4 290,375 37.34 117,458 15.11 14,350 1.85 106,279 13.67 248,287 31.93 804 0.0 777,553
5 1,408,280 39.82 613,803 17.36 44,921 1.27 820,420 23.20 644,194 18.22 4,569 0.0 3,536,187
6 748,212 9.87 388,395 5.12 157,453 2.08 5,922,127 78.14 358,915 4.74 3,851 0.0 7,578,953
7 7,332,572 62.79 1,244,331 10.66 310,546 2.66 1,629,992 13.96 1,149,794 9.85 9,984 0.0 11,677,219
8 2,270,334 13.44 378,215 2.24 212,595 1.26 13,601,289 80.50 416,072 2.46 17,080 0.0 16,895,585
9 993,461 45.87 129,948 6.00 38,353 1.77 953,530 44.03 47,809 2.21 2,485 0.0 2,165,586
0 2,193,239 20.83 340,784 3.24 85,163 0.81 3,838,060 36.45 4,040,776 38.38 31,213 0.0 10,529,235
TT 16,237 21.17 5,710 7.44 653 0.85 18,161 23.68 18,817 24.53 17,123 0.0 76,701
jumlah 25,509,104 27.57 14,745,857 15.94 1,167,569 1.26 31,847,950 34.42 19,145,443 20.69 112,550 0.0 92,528,473

Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber. Informasi merupakan suatu hasil dari pemrosesan data menjadi sesuatu yang bermakna
bagi yang menerimanya,Selain merupakan hasil dari
pengolahan data, informasi juga menggambarkan sebuah kejadian,bahwa Informasi merupakan hasil dari
pengolahan data dalam suatu bentuk yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event)
yang nyata (fact) dengan lebih berguna dan lebih berarti.Dengan demikian informasi dapat dijelaskan kembali sebagai sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data menjadi lebih mudah dimengerti dan bermakna yang menggambarkan suatu kejadian dan fakta yang ada.
Contoh : data yang sudah di olah, kemudian dibuat sebagai informasi
2))) Syarat informasi
1. Ketersedian (availability)
2. Mudah dipahami (comprehensible)
3. Relevan
4. Bermanfaat
5. Tepat waktu
6. Keandalan (reliability)
7. Akurat
8. Konsisten

3))) jelaskan kegiatan dalam pengolahan data
a. Penerapan pembagian kerja dengan akibat pembagian biaya dan pembangunan kwantitatif secara lebih menguntungkan.

b. Pemakaian file yang sama pada banyak proses pengolahan data.

c. Suatu pemamfaatan yang lebih baik dari sasaran teknis administrasi.

d. Penerapan pemisahan fungsi antara operasional dan pengolahan data secara sentral.

Pengolahan data dapat diartikan juga sebagai segala pengolahan untuk membuat data yang berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga dapat segera dipakai. Pengolahan data merupakan suatu proses penerimaan data sebagai masukan (input) kemudian diproses (processing) oleh suatu program tertentu dan mengeluarkan hasil proses data dengan komputer dikenal suatu sistem yang disebut EDP (Electronic Data Processing) yaitu suatu sistem pengolahan data dimana komputer memegang peranan utama.

Dilihat dari sistem pengolahan data, dapat dibagi dalam tiga tahap dasar yaitu:

a. Membaca data atau input data.

b. Mengolah data atau proses

c. Hasil atau output.

Pengolahan data melalui komputer meliputi beberapa bagian antara lain:

1. Recording (perekaman)

Data yang diolah dan ditulis dalam suatu formulir dasar dari pengolahan data selanjutnya.

2. Clasifying (Klasifikasi)

Pemberian suatu identifikasi kedalam data yang diolah, klasifikasi yang sering dibuat adalah kode-kode seperti numerik, alphanumerik dan sebagainya.

3. Sorting (Pengurutan)

Setelah data yang akan diolah diberi identifikasi maka data perlu diataur/ diurut menurut kode klasifikasinya dan biasanya diurut menurut kode numeriknya.

4. Calculating (penghitungan)

Pelaksanaan penghitungan sangat diperlukan dalam menghitung data yang masuk dan data yang keluar.

5. Storing ( penyimpanan)

Penyimpan data yang sejenis dalam bentuk referensi yang akan datang perlu dilakukan. Periode penyimpanan setiap data berlainan antar data yang satu dengan yang lain.

6. Summarizing ( penyusunan)

Untuk memungkinkan dilakukannya analisa terhadap data atau informasi yang dihasilkan, maka perlu dilakukan pembuatan rekapitulasi laporan sesuai dengan keinginan yang membutuhkan informasi.

7. Retrieving (Pencarian )

Pencarian data ke dalam file distore atau disimpan terdiri dari beberapa cara disesuaikan dengan penyimpanan.

8. Reproducing (Pembagian)

Data yang dimiliki dapat diperbanyak sesuai dengan keinginan, penggandaan dapat dilakukan dengan foto copy.

9. Distribute ( Pembagian)

4))) 4 faktor penggerak untuk mengkaji dan membahas tentang tekhnologi informasi
1) Ancaman Siswa Baru
Semakin mudah bagi perusahaan baru untuk memasuki industri ini, persaingan cut-tenggorokan lebih akan ada. Cari Syarat masuk BAGI Baru Semakin anak pajak tangguhan untuk memasuki industri Suami, persaingan cut-tenggorokan akan lebih ADA. Faktor-faktor yang dapat membatasi ancaman pendatang baru yang dikenal sebagai hambatan masuk. Faktor-faktor Yang dapat membatasi ancaman pendatang Baru Yang Masuk dikenal sebagai hambatan. Beberapa contoh termasuk: Beberapa contoh termasuk:
• ada loyalitas terhadap merek utama Yang ADA Kesetiaan Merek Utama
• Insentif untuk menggunakan pembeli tertentu (seperti program pembelanja sering) insentif untuk menggunakan pembeli tertentu (program Sering pembelanja Pembongkaran)
• Tingginya biaya tetap biaya Tetap Tinggi
• Kelangkaan sumber daya Kelangkaan sumber daya
• Pemerintah pembatasan atau undang-undang Pembatasan pemerintah atau undang-undang
• Entry perlindungan (hak paten, hak, dll) Entry perlindungan (hak paten, hak, dll)
• Ekonomi Ekonomi perbedaan produk Produk penyusutan
• Merek ekuitas Ekuitas Merek
Berpindah • biaya atau biaya hangus Biaya switching atau biaya hangus
• Modal Persyaratan Persyaratan modal
• Akses untuk Akses distribusi ke distribusi
• Mutlak Absolute keuntungan biaya keuntungan biaya
• Belajar Belajar kurva kurva keuntungan keuntungan
• Diharapkan pembalasan oleh mapan pembalasan Dibuat Mapan Diharapkan anak pajak tangguhan

2) Kekuatan Pemasok
Ini adalah berapa banyak pemasok tekanan dapat menempatkan pada bisnis. Ini adalah berapa BANYAK pemasok tekanan dapat menempatkan PADA bisnis. Jika satu pemasok memiliki dampak yang cukup besar untuk mempengaruhi margin perusahaan dan volume, kemudian mereka memegang kekuasaan besar. Jika Satu pemasok memiliki dampak Yang Besar cukup untuk mempengaruhi marjin anak pajak tangguhan dan volume, mereka kemudian memegang kekuasaan Besar. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin pemasok daya: Berikut beberapa alasan adalah Yang mungkin daya pemasok:
• Ada sedikit pemasok dari suatu produk tertentu tertentu Sangat sedikit Ada Produk pemasok
• Tidak ada pengganti pengganti regular tidak ADA
• Produk ini sangat penting untuk pembeli, mereka tidak bisa hidup tanpa itu Produk Sangat Suami parts untuk pembeli, mereka regular tidak Bisa Hidup Tanpa ITU
• Industri memasok memiliki profitabilitas yang lebih tinggi dari industri membeli Industri memasok memiliki Profitabilitas Yang lebih Tinggi Dari industri membeli
• Pemasok switching biaya relatif terhadap perusahaan switching cost Supplier anak pajak tangguhan switching cost relatif terhadap biaya beralih
• Tingkat diferensiasi input masukan Tingkat diferensiasi
• Adanya masukan Keberadaan pengganti pengganti masukan
• Pemasok konsentrasi konsentrasi perusahaan rasio Supplier konsentrasi terhadap konsentrasi anak pajak tangguhan
• Ancaman integrasi ke depan oleh pemasok relatif terhadap ancaman integrasi ke belakang oleh perusahaan Ancaman ke Dibuat Depan Integrasi relatif terhadap ancaman pemasok Integrasi ke belakang Dibuat anak pajak tangguhan
• Biaya input relatif terhadap harga jual input produk Biaya relatif terhadap harga jual Produk

3) Kekuatan Pembeli / Pelanggan Faktor
Ini adalah berapa banyak pelanggan dapat menempatkan tekanan pada bisnis. Ini adalah berapa BANYAK pelanggan dapat menempatkan tekanan PADA bisnis. Jika satu pelanggan memiliki dampak yang cukup besar untuk mempengaruhi margin perusahaan dan volume, kemudian mereka memegang kekuasaan besar. Satu pelanggan memiliki dampak Jika Yang Besar cukup untuk mempengaruhi anak pajak tangguhan volume dan margin, mereka kemudian memegang kekuasaan Besar. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin pelanggan memiliki kekuatan Yang Berikut adalah beberapa alasan mungkin pelanggan memiliki Kekuatan
• Kecil jumlah pembeli pembeli Aset Kecil
• Pembelian volume besar volume Pembelian Besar
• Beralih ke produk lain (kompetitif) yang sederhana Beralih ke Produk Jumlah (kompetitif) Yang Sederhana
• Produk tidak sangat penting untuk pembeli, mereka dapat melakukannya tanpa itu untuk jangka waktu tertentu. Produk regular tidak Sangat pembeli untuk parts, mereka dapat melakukannya untuk Jangka Tanpa ITU julian tertentu.
Pelanggan • adalah harga sensitif Pelanggan adalah harga sensitif
• Pembeli konsentrasi perusahaan rasio Pembeli konsentrasi konsentrasi konsentrasi terhadap anak pajak tangguhan
• Perundingan Perundingan leverage leverage
• Pembeli volume volume Pembeli
• Pembeli switching biaya relatif terhadap perusahaan switching cost Pembeli beralih anak pajak tangguhan biaya relatif terhadap biaya beralih
• Pembeli ketersediaan informasi ketersediaan Informasi Pembeli
• Kemampuan untuk mengintegrasikan mundur ke belakang untuk mengintegrasikan Kemampuan
• Ketersediaan produk pengganti yang sudah ada pengganti Ketersediaan Produk Yang Sudah ADA
• Pembeli Pembeli sensitivitas sensitivitas harga harga
• Harga Pembelian jumlah pembelian total Harga

4) Tersedianya Faktor Substitusi
Bagaimana kemungkinan bahwa seseorang akan beralih ke produk yang kompetitif atau jasa? Bagaimana kemungkinan bahwa seseorang akan beralih ke Produk Yang kompetitif atau jasa? Jika biaya switching rendah, maka ini akan menimbulkan ancaman serius. Jika biaya switching rendah, Maka Suami akan menimbulkan ancaman Serius. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ancaman pengganti: Berikut adalah beberapa faktor Yang dapat mempengaruhi pengganti ancaman:
• Pembeli kecenderungan untuk mengganti Pembeli kecenderungan untuk pengganti
• harga relatif kinerja dari pengganti harga relatif Kinerja Dari pengganti
• Pembeli switching cost Pembeli biaya beralih
• Perkiraan tingkat diferensiasi produk Persepsi Produk tingkat diferensiasi
• Fad dan fashion dan mode Fad
• Teknologi perubahan dan inovasi produk perubahan dan Teknologi Inovasi Produk
Isu utama adalah kesamaan pengganti. SPI pengganti adalah kesamaan Utama. Sebagai contoh, jika harga kopi naik secara substansial, peminum kopi cenderung beralih ke minuman seperti teh karena produk yang sangat mirip. Sebagai contoh, jika harga kopi naik Secara substansial, peminum kopi cenderung beralih ke minuman yang Pembongkaran Produk KARENA Yang Sangat mirip.
• Jika pengganti yang mirip, maka dapat dilihat dalam cahaya yang sama sebagai pendatang baru. Jika pengganti sama, Maka dapat dilihat KESAWAN Cahaya Yang sama sebagai pendatang Baru.
• Pertimbangkan teknologi pengganti (yang akan berpikir bahwa teknologi MP3 akan menggantikan tape & CD's?) Pertimbangkan Teknologi pengganti (Yang akan berpikir bahwa Teknologi akan menggantikan tape MP3 & CD?)

5) Faktor Persaingan Kompetitif
Dan last but not least, ini menggambarkan intensitas dari persaingan antara perusahaan yang ada dalam suatu industri. Dan last but not least, Suami menggambarkan intensive Dari persaingan ANTARA anak pajak tangguhan Yang KESAWAN suatu industri ADA. industri yang sangat kompetitif umumnya mendapatkan imbal hasil rendah karena biaya kompetisi tinggi. Yang Sangat kompetitif industri umumnya mendapatkan Hasil KARENA rendah titik permulaan Kompetisi biaya Tinggi. Sebuah pasar yang sangat kompetitif mungkin timbul dari: Sebuah pasar Yang Sangat kompetitif mungkin Timbul Dari:
• Banyak pemain dari sekitar ukuran yang sama, tidak ada perusahaan yang dominan. BANYAK Pemain Dari ukuran Tentang Yang sama, regular tidak ADA Anak dominan yang.
• Sedikit diferensiasi antara produk pesaing dan jasa. Little diferensiasi ANTARA Produk Jasa dan pesaing.
• Sebuah industri dewasa dengan pertumbuhan yang sangat sedikit. Sebuah industri Dewasa pertumbuhan Artikel Baru Yang Sangat sedikit.
• Perusahaan hanya dapat tumbuh dengan mencuri pelanggan dari pesaing. Anak Hanya Bisa Tumbuh Artikel Baru Dari mencuri pelanggan pesaing.
Bagi banyak industri, ini adalah penentu utama daya saing industri. * Bagi BANYAK industri, Suami adalah Utama daya saing industri penentu. Kadang-kadang saingan bersaing secara agresif dan kadang-kadang saingan bersaing dalam dimensi non-harga seperti inovasi, pemasaran, dll saingan Kadang-kadang bersaing Secara agresif dan kadang-kadang saingan KESAWAN bersaing dimensi non-harga Pembongkaran Inovasi, Pemasaran, dll
• Jumlah pesaing Jumlah pesaing
• Laju pertumbuhan industri Tingkat pertumbuhan industri
• Intermittent kelebihan kapasitas industri intermiten kelebihan kapasitas industri
• Keluar Keluar hambatan hambatan
• Keanekaragaman pesaing Keanekaragaman pesaing
• Informational kompleksitas dan asimetri Informational kompleksitas dan asimetri
• alokasi biaya tetap per nilai tambah biaya Tetap Alokasi per Tambah Nilai
• Tingkat iklan iklan beban biaya Tingkat


5)))




DimanaMANAGER ditemukan?
•Manager dapat ditemukan dimana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada diberbagai tingkat dan diberbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.Bidang FUNGSIONAL perusahaan, terdiri dari 3 bidang utama, yaitu:
1.Pemasaran
2.Manufaktur
3.Keuangan

Model pengolahaninformasipadastrukturorganisasi

Pihak manajemen sangat membutuhkan informasi yang sangat berguna untuk mengambil keputusan. Setiap tingkatan manajemen, membutuhkan informasi yang berbeda-beda.

Terdapat2 (dua) tipe informasi untuk tingkatan manajemen, yaitu:
a.ManajemenTingkatAtas

Manajementingkatatasmerupakanmanajementingkatstrategi, informasiyang dibutuhkanlebihtersaringataulebihringkas. Sebagaicontoh: Informasimengenaigrand total penjualanyang terjadi.

b. ManajemenTingkatmenengah
Manajemenmenengahmerupakanmanajementingkattaktik, informasiyang dibutuhkanlebihtersaringuntukmengendalikanmanajemen.
Sebagaicontoh: Informasimengenaisemuatotal penjualanyang terjadiuntuktiap-tiapdaerah.

c.ManajemenTingkatBawah
Manajementingkatbawahmerupakanmanajemen teknisyang membutuhkanlaporanyang terinci, karenadigunakanuntukmengendalikanoperasi. Sebagaicontoh: Informasimengenaisemuapenjualanyang terjadiuntuktiap-tiapdaerah.tingkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar